Jl. S. Parman No. 355, Kel. Puunaaha, Unaaha
SMAN 2 UNAAHA, BANGKIT.

Program Waka Kurikulum


Program Waka Kurikulum

15 Feb 2024 9306

https://docs.google.com/document/d/1PyseuPWSFc3tbmb5c4GCve15BzPVU7Yi/edit?usp=sharing&ouid=114604506216697691591&rtpof=true&sd=true

 

PROGRAM KERJA

DAN

RENCANA KERJA

BIDANG KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

PROV. SULAWESI TENGGARA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMA NEGERI 2 UNAAHA

Jl. S. Parman No. 355 Kel. Puunaaha, Unaaha

Email:sman2unaaha@gmail.com

KATA  PENGANTAR

Syukur dan Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berkatnya kita dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum untuk Tahun Pelajaran 2022/2023.

Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah adalah; (1) menjabarkan kurikulum menjadi program operasional pembelajaran di sekolah melalui analisis kurikulum, sinkronisasi, menetapkan   kurikulum   validasi;   (2)   menetapkan   program   pembelajaran,   jadwal kegiatan, pembagian tugas mengajar, jadwal pelajaran dan bahan ajar; (3) mengorganisasi/ mengkoordinasi kegiatan pembelajaran yang terdiri dari : persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, analisis hasil evaluasi belajar, perbaikan dan pengayaan; (4) mengelola administrasi pendidikan/ pengajaran; dan (5) merencanakan dan menyusun program pengembangan kurikulum.

Tujuan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja ini tidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Wakil Kepala Sekolah selama Tahun Pelajaran  2022/2023. Mudah-mudahan dengan adanya Program Kerja ini akan meningkatkan kinerja, sesuai dengan Visi dan Misi SMAN 2 Unaaha.

Penyusun menyadari bahwa Program Kerja dan Rencana Kerja ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu Penyusun mengharapkan saran dan kritikan yang bersifat membangun dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa-masa yang akan datang.

Unaaha,  5 Agustus 2022

Wakil  Kepala  Sekolah Bid. Kurikulum

 

SAFRI,   S.Pd

NIP. 19760807 200502 1 002

 

PROGRAM  KERJA  WAKIL  KEPALA SEKOLAH BIDANG  KURIKULUM

  1. A. Sasaran Mutu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

Sasaran mutu WKS Bidang Kurikulum SMA Negeri 2 Unaaha pada Tahun Pelajaran  2022/2023 adalah :

  1. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi Sikap  sesuai dengan tingkat kompetensi.
  1. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi.
  2. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi.
  1. 100% guru mengembangkan RPP dari silabus, secara lengkap dan sistematis.
  2. 91 %  -  100%  guru  melaksanakan  penilaian  hasil  belajar  dalam  bentuk:  (1) ulangan, (2) pengamatan, (3) penugasan.
  1. Sekolah memiliki dokumen Kurikulum yang memuat Visi misi/struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut:

1) diputuskan,

2) ditetapkan,

3) disosialisasikan,

4) disahkan

  1. Kepala Sekolah/Sekolah melakukan supervisi pembelajaran terhadap 91%-100% guru.
  1. Peserta Didik mengikuti berbagai ujian :

1) Ulangan Harian

2) Ujian Tengah Semester,

3) Ujian Akhir Semester,

4) Ujian Akhir Tahun/Kenaikan Kelas,

5) Ujian Sekolah,

6) Ujian Nasional/Asesmen Nasional,

  1. Guru melakukan  penilaian  proses  dan  hasil  belajar  dengan  langkah-langkah sebagai berikut :

1) menetapkan tujuan penilaian,

2) menyusun kisi-kisi ujian,

3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian,

4) melakukan analisis kualitas instrumen,

5) melaksanakan penilaian,

6) melaporkan hasil penilaian,

7) memanfaatkan hasil penilaian

  1. Sasaran Kerja Bidang Kurikulum

Untuk mencapai sasaran mutu dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada Tahun Pelajaran 2022/2023 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :

  1. Pemetaan atau  pembagian  rombongan  belajar  bagi  peserta  didik  baru  Tahun Pelajaran 2022/2023.
  1. Menyusun Jadwal Tahun Pelajaran 2022/2023.
  2. Memastikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum 2013, melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervisi akademis.
  3. Merencanakan dan  melaksanakan  penilaian  tingkat  satuan  pendidikan  (UTS, UAS, US dan AN/AKM)
  4. Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.
  5. Menyusun dan mereview kembali  Standar Operasional Prosedure (SOP) dan atau Juknis yang ada di Bidang Kurikulum agar diperoleh SOP yang implementatif.
  6. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order  Thinking   Skill   (HOTS)   melalui   kegiatan   bimbingan   teknis   atau optimalisasi peran MGMP tingkat sekolah.
  7. Merencanakan    dan    melaksanakan   pengembangan    kurikulum    berbasis kurikulum 2013.
  1. 100 % Peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023 lulus dari SMA Negeri 2 Unaaha.
  1. Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
  2. Merevisi K13   SMA   Negeri   2   Unaaha   Tahun   Pelajaran   2022/2023   dan memastikan bahwa dokumen K13 telah ditandatangani Kepala Sekolah ditetapkan oleh ketua komite Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara.
  1. Menyusun Peraturan Akademik Tahun 2022/2023.
  2. C. Tugas dan Fungsi Bidang Kurikulum

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam hal berikut :

  1. Mengumpulkan dan menyimpan dokumen Kurikulum Nasional.
  2. Menyusun perencanaan program pembelajaran semesteran dan atau tahunan, yang mencakupi :

o  Kegiatan awal tahun pelajaran

o  Kegiatan tengah semester

o  Kegiatan semesteran

o  Kegiatan akhir tahun pelajaran

  1. Menyusun program remedial dan pengayaan.
  2. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan.
  3. Menyusun pembagian tugas guru.
  4. Menyusun jadwal pelajaran.
  5. Menkoordinir penyusunan perangkat pembelajaran/layanan yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran/bimbingan konseling.
  6. Mendata media, alat peraga dan alat bantu lainnya yang dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
  7. Menyusun dan menyelenggarakan kegiatan kelompok belajar bagi siswa peserta olimpiade sains / Kompetisi Sains Nasional (KSN).
  8. Mengatur pelaksanaan kegiatan MGMP di sekolah.
  9. Mengatur dan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan ujian semester, Ujian praktek, dan Ujian Akhir Sekolah serta Asesmen Nasional melalui serangkaian tahapan :

o  Menyusun kepanitian

o      Menyiapkan perangkat soal tes yang meliputi : kisi-kisi soal, blangko lembar soal, lembar jawab, daftar hadir, berita acara, daftar nilai.

o  Menyiapkan perangkat

  1. a) Tes berbasis kertas: Jadwal Tes, Daftar nominasi peserta tes, Denah tempat duduk, Kartu Peserta Tes, Nomor tes untuk ditempel di tempat duduk, Denah Ruang yang dipakai, jadwal pengawas, Daftar hadir pengawas, dan Surat /Pakta integritas pengawas, Berita acara.
  2. b) Tes berbasis  computer/online:   Jadwal  Tes,  Daftar  nominasi  peserta tes,  Nomor tes (username dan password), aplikasi tes, jadwal pengawas, Daftar hadir pengawas, link soal.

o  Pelaksanaan tes

o  Jadwal tes perbaikan / susulan

o  Pelaporan

  1. Mengkoordinir penyusunan peraturan akademik.
  2. Mengkoordinir kriteria kenaikan kelas dan penjurusan.
  3. Mengkoordinir kriteria kelulusan.
  4. Mengkoordinir pengisian dan pembagian raport.
  5. Menyiapkan perangkat administrasi kelas (Jurnal kelas/daftar hadir pertemuan, Presensi).
  6. Menyediakan buku kemajuan kelas.
  7. Menyusun perangkat administrasi Daftar Nilai dan daftar tatap muka untuk setiap guru mata pelajaran dalam setiap semesternya.
  8. Mengarsipkan legger nilai semester.
  9. Bersama dengan kepala laboratorium IPA untuk menyusun jadwal pemanfaatan laboratorium IPA.
  10. Bersama dengan kepala laboratorium Komputer untuk menyusun jadwal pemanfaatan laboratorium Komputer.
  11. Bersama-sama dengan waka humas untuk menentukan bisa tidaknya suatu lembaga pendidikan lain mengadakan tryout atau presentasi di dalam kelas.
  12. Mengkoordinir kegiatan yang mendukung sukses SNMPTN bagi siswa.
  13. Melaksanakan pengadministrasian kurikulum dengan bantuan komputer untuk :

o  Data Daya Serap setiap akhir pelaksanaan tes.

o  Data Tuntas Belajar setiap akhir pelaksanaan tes.

o  Data Legger nilai setiap akhir pelaksanaan tes.

o  Data perolehan Nilai US/AN : terendah, tertinggi, rata-rata.

o  Data Peserta US/AN dan yang berhasil lulus.

o  Blangko-blangko/Format  untuk pelaksanaan Pembelajaran.

o  Data Jadwal pelajaran.

o  Data Kalender Pendidikan.

o  Data Pembagian tugas mengajar.

o  Data hasil supervisi.

o  Data hasil pelaksanaan kegiatan laboratorium.

  1. Mengkoordinir penanggulangan kelas yang gurunya tidak hadir beserta tugasnya.
  2. Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi mengenai segala sesuatu yang perlu diketahui atau dilaksanakan dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.
  3. Mengkoordinir penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan kurikulum.
  4. Mengkoordinir penyusunan sasaran kerja pegawai (SKP).
  5. Menggkoordinir penyusunan daftar usulan angka kredit.

1. Program Kerja Bidang Kurikulum

Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian kerja, tujuan, Indikator ketercapaian,  dan  unsur  yang terlibat  dalam  kegiatan  yang  direncanakan  oleh bidang kurikulum SMA Negeri 2 Unaaha.  Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu, sasaran kerja, tugas dan fungsi serta rencana kerja tahunan  SMA  Negeri  2  Unaaha  Tahun  Anggaran  2022.  Adapun  Program  Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 2 Unaaha Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah seperti pada tabel berikut dibawah ini :

 

NO

 

NAMA KEGIATAN

 

URAIAN KEGIATAN

 

TUJUAN KEGIATAN

 

INDIKATOR KETERCAPAIAN

UNSUR YANG TERLIBAT

PENANGGU NG JAWAB

 

WAKTU

 

KET

A.

Standar Isi

1. Penyusunan Program

Kerja Bidang Kurikulum

Rapat koordinasi WKS BID.

KURIKULUM bersama guru

untuk penyusunan program kerja.

Untuk menyusun program kerja

yang sesuai dengan sasaran kerja

dan mutu WKS bidang kurikulum.

Tersusunnya program kerja WKS

bidang kurikulum SMA Negeri 2

Unaaha  TP  2022/2023

WKS BID.

KURIKULUM  dan Guru SMAN 2 Unaaha

Kepala

Sekolah

Agustus

2022

 

2. Penyusunan Peraturan

Akademik Tahun Pelajaran

2022/2023.

Rapat penyusunan peraturan

Akademik SMA Negeri 2

Unaaha  TP 2022/2023

Untuk mewujudkan Peraturan

Akademik yang implementatif dan dipedomani seluruh warga SMA Negeri 2 Unaaha.

Tersusunnya Peraturan

Akademik SMA Negeri 2

Unaaha  TP 2022/2023.

WKS BID.

KURIKULUM dan Guru SMAN 2 Unaaha

 

Kepala

Sekolah

Agustus  2022

 

3. Penyusunan Jadwal

Pelajaran semester Ganjil Tahun Pelajaran  2022/2023

Rapat penyusunan jadwal

pelajaran semester ganjil TP

2022/2023

Untuk menyusun jadwal pelajaran

semester ganjil TP 2022/2023

Tersusunnya jadwal pelajaran

semester ganjil TP 2022/2023

Kepala Sekolah,

WKS BID. KURIKULUM, guru.

Kepala

Sekolah

Juli  2022

 

4. Pengembangan Kurikulum

SMA Negeri 2 Unaaha  Tahun Pelajaran 2022/2023.

a.  Rapat evaluasi implementasi

K13 dan penyusunan draft K13 oleh Tim Pengembang Kurikulum.

b. Workshop Review draft K13

TP   2022/2023.

c.  Penyelarasan Kurikulum berbasis  Muatan Lokal.

d. Finalisasi Dokumen K13 TP

2022/2023.

a.   Mengembangkan K13

berdasarkan hasil evaluasi implementasi K13.

b.  Menyelaraskan kurikulum dan

revisi K13 agar sesuai dengan peraturan terbaru dan kompetensi yang dibutuhkan.

c.    Menyelaraskan kompetensi

dasar, IPK, atau materi pembelajaran dengan muatan local.

d.   Mengesahkan dokumen K13 yang telah direview oleh tim

a.  Tersusunnya Draft Dokumen

K13 perbaikan berdasarkan evaluasi

b. Tersusunnya Kurikulum yang

sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku

 

c.  Tersusunnya Kurikulum yang selaras Muatan local.

 

 

d. Adanya Dokumen K13

TP2022/2023 yang telah ditanda tangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan Disahkan/divalidasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara

Tim Pengembang

K13, WKS BID. KURIKULUM

Kepala

Sekolah

September 2022

 

5. Pembagian Tugas

Mengajar Guru Semester Ganjil Tahun Pelajaran

2022/2023

Rapat penyusunan pembagian

tugas mengajar guru  Semester Ganjil TP 2022/2023.

Untuk menyusun pembagian tugas

mengajar guru.

Tersusunnya Beban

Mengajar  Guru yang sesuai

dengan peraturan yang berlaku

Kepala Sekolah,

WKS BID.

KURIKULUM

Kepala

Sekolah

Juli  2022

 

B.

Standar Proses

 

1. Kerja sama bid. Sarpras dan bendahara Pengadaan

Kegiatan pengadaan buku teks

pelajaran / buku guru dan buku

Untuk memastikan semua peserta

didik dapat menggunakan sumber

Adanya buku teks pelajaran, non

teks dan modul pembelajaran

WKS BID.

KURIKULUM,

Kepala

Sekolah

September 2022

 

 

 

Proker_Kurikulum_TP. 2022/2023                                                  

 

 

 

 

Buku Pemerintah dan

Buku Pendamping.

siswa (pemerintah), buku non

teks pelajaran,  modul pembelajaran

belajar / buku teks dan atau buku

pendamping yang sesuai baik secara kualitas maupun kuantitas

yang digunakan oleh peserta

didik dalam proses pencapaian kompetensi

Ketua MGMP, dan

guru mata pelajaran

 

 

 

2. Musyawarah Guru Mata

Pelajaran SMA Negeri 2

Unaaha.

Pelatihan bagi guru SMA Negeri

2 Unaaha  tentang penyusunan RPP

Untuk meningkatkan kompetensi

guru dalam menyusun perangkat rencana pembelajaran / Modul ajar

Guru mampu menyusun perangkat pembelajaran / modul ajar

Kepala Sekolah,

WKS BID. KURIKULUM, guru SMA Negeri 2

Unaaha.

Kepala

Sekolah

September 2023

 

3. Pembuatan Modul ajar / bahan ajar bagi guru SMAN 2 Unaaha.

Workshop Pembuatan Modul / bahan ajar bagi guru SMAN 2 Unaaha.

Untuk memastikan peserta didik

dapat menggunakan sumber belajar modul pembelajaran.

Terpilihnya 20 modul yang layak

digunakan untuk bahan ajar pembelajaran.

Kepala Sekolah,

WKS BID. KURIKULUM, guru SMA Negeri 2

Unaaha

Kepala

Sekolah

Februari

2023

 

4. Rapat Koordinasi WKS

Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Sarpras, dan Humas dengan Kepala Laboratorium, Ketua MGMP Mata Pelajaran dan Koordinator BP BK

Rapat WKS BID. KURIKULUM

dengan WKS Humas,  WKS Sarpras, ketua MGMP Mapel, dan Koordinator BP BK dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan .

Adanya koordinasi dan sinergi

antara unit kerja dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Unaaha.

Semua unit kerja melaksanakan

tugas pokok dan fungsinya terkait peningkatan proses pembelajaran dan bimbingan dengan baik

Kepala Sekolah,

WKS, Ketua MGMP, Kepala Lab. dan Koordinator BP BK

Kepala Sekolah

September 2023

dan

Februari

2023

 

5. Koordinasi Wali Kelas

dengan orang tua wali siswa

WKS BID. Kurikulum, WKS Kesiswaaan,  wali kelas dengan

orangtua peserta didik yang diampu dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasi

a.  Sebagai wadah untuk

menyampaikan informasi

program sekolah kepada orangtua siswa

b. Menyamakan visi dan misi antara

orangtua dan sekolah dalam mendidik peserta didik

Adanya persamaan persepsi

antara orangtua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Unaaha.

Kepala Sekolaah,

WKS BID. KURIKULUM, WKS Kesiswaan Wali Kelas, Orangtua peserta didik

Kepala

Sekolah

September

2022

dan

Februari 2023

 

 

6. Penguatan Program

Literasi Sekolah.

a.  Rapat Koordinasi Tim Gerakan

Literasi Sekolah SMA Negeri 2

Unaaha

 

 

b. Pemilihan Duta literasi

Sekolah.

 

a.      Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan gerakan literasi sekolah.

 

 

b. Untuk menyusun program kerja literasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan jenis literasi

.  

Adanya Program Kerja Tim

Gerakan Literasi Sekolah.

 

 

 

Adanya duta literasi sekolah.

 

Kepala Sekolah,

WKS BID. KURIKULUM, WKS Humas, WKS Kesiswaan, WKS Sarpras, Kepala Perpustakaan, Tim GLS

Kepala

Sekolah

Juli s.d Desember 2022

 

 

Desember

2022

 

 

 

Proker_Kurikulum_TP. 2022/2023                                                                          

 

 

 

 

7. Program Persiapan

Asesmen Nasional Tahun

2022

a.  Sosialisasi pelaksanan

Asesmen Nasional kepada

Guru.

 

 

 

b. Kegiatan Tutorial Persiapan pelaksanaan AsesmenNasional bagi siswa peserta Asesmen.

a.Untuk mengetahui pelaksanaan

Asesmen Nasional bagi Guru

 

 

 

 

b.Untuk mempersiapkan materi dan mental siswa dalam rangka menghadapi Asesmen Nasional.

Terlaksananya Sosialisasi

pelaksanan Asesmen Nasional kepada Guru.

 

 

 

Memiliki nilai rata-rata > dari rata-rata Kabupaten.

Kepala Sekolah,

WKS BID. KURIKULUM dan Staff, Guru.

WKS BID.

KURIKULUM

Agustus

2022

 

 

8. Pemantauan, Monitoring,

dan evaluasi Proses

Pembelajaran

Supervisi  guru dalam

melaksanakan proses pembelajaran

Untuk mengetahui kualitas

implementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutan

Adanya dokumen hasil supervisi

dan evaluasi guru

Kepala Sekolah dan

tim supervisi

Kepala

Sekolah

September dan November 2022

 

Februari dan April 2023

 

 

 

C.

Standar Penilaian

 

1. Sosialisasi Penilaian (komponen, teknik, dan instrumen penilaian)

Rapat koordinasi dan sosialisasi

tentang komponen, teknik, dan

instrumen penilaian bagi semua guru SMA Negeri 2 Unaaha

Untuk meningkatkan pemahaman

guru SMA Negeri 2 Unaaha  tentang

penilaian hasil belajar

Guru di SMA Negeri  2 Unaaha

memahami  tentang komponen,

teknik, dan instrumen penilaian hasil belajar.

Kepala Sekolah dan

semua guru

WKS BID.

KURIKULUM

September 2022

Februari 2023

 

 

2. Pengisian e rapor SMA

untuk penyusunan

Laporan Hasil Belajar

Siswa

Pengisian e-rapor SMA untuk

penyusunan Laporan Hasil

Belajar Siswa

Semua guru memahami dan bisa

menggunakan aplikasi erapor

sebagai wujud implementasi sistem informasi managemen di SMA Negeri 2 Unaaha

Tersusunnya Rapor Hasil Belajar

siswa menggunakan e-raport

SMA

Kepala Sekolah,

Semua guru,

Operator Sekolah.

WKS BID.

KURIKULUM

Desember 2022,

Mei 2023

 

 

3. Kegiatan Penilaian Harian

(Ulangan Harian)

Penilaian terhadap kompetensi

yang telah dipelajari peserta didik melalui kegiatan ulangan harian, penugasan, dan atau tes lisan

Untuk mengukur kompetensi yang

dimiliki peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk beberapa kompetensi dasar atau materi tertentu

Adanya dokumen hasil pekerjaan

peserta didik dan nilai hasil penilaian harian

Guru, peserta didik

Guru

Juli  s.d.

Desember

2022

Januari s.d.

Juni

2023

Ok

 

 

4. Kegiatan Penilaian Tengah

Semester

Penilaian oleh sekolah terhadap

kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah 8 s.d. 9 minggu efektif

Untuk mengukur kompetensi peserta

didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 8 s.d. 9 minggu efektif

Semua peserta didik

melaksanakan penilaian akhir semester  yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTS

WKS BID.

KURIKULUM, Guru dan Peserta Didik

WKS BID.

KURIKULUM

Oktober 2022

Dan

Maret 2023

 

 

5. Kegiatan Penilaian Akhir

Semester

Penilaian oleh sekolah yang

dilaksanakan secara bersama- sama untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester

Untuk mengukur kompetensi peserta

didik selama satu semester

Terlaksananya Penilaian akhir

semester yang berkualitas Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester

Kepala Sekolah,

Semua Guru, dan

Peserta Didik

WKS BID.

KURIKULUM

Desember

2022

Juni

2023

 

 

 

Proker_Kurikulum_TP. 2022/2023                                                                               

 

 

 

 

6. Kegiatan Penilaian

Kenaikan Kelas

Penilaian oleh sekolah yang

dilaksanakan secara bersama- sama pada akhir semester genap bagi kelas X dan XI untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester

Untuk mengukur kompetensi peserta

didik selama satu semester pada saat semester genap

Terlaksananya Penilaian

Kenaikan Kelas  yang berkualitas Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester

Kepala Sekolah,

Semua Guru, dan

Peserta Didik

WKS BID.

KURIKULUM

Mei 2023

 

 

7. Kegiatan Ujian Sekolah

Penilaian oleh sekolah bagi

peserta didik kelas XII dan mengacu pada standar kompetensi Lulusan

Untuk mengukur capaian

kompetensi peserta didik kelas XII pada mata pelajarn tertentu dan menjadi penentu kelulusan peserta didik

Terlaksananya US Berbasis

Komputer yang berkualitas dan diikuti oleh semua pserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis US

Berbasis Komputer serta Laporan

Pelaksanaan US

Kepala Sekolah,

Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XII

Kepala

Sekolah

Maret

/April 2023

 

 

8.  Kegiatan Asesmen

Nasional

Penilaian oleh sekolah bagi

peserta didik kelas XI dan

mengacu pada standar nasional pendidikan khususnya pemahaman literasi dan numerasi.

Untuk mengukur capaia kompetensi

lulusan pada pemahaman literasi

dan numerasi.

Terlaksananya AN yang

berkualitas dan diikuti oleh

semua pserta didik kelas XI, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis AN serta Laporan Pelaksanaan AN

Kepala Sekolah,

Semua Guru, dan

Peserta Didik Kelas

XI

Kepala

Sekolah

Agustus / September 2022

 

 

9.  Penyusunan Format Penilaian pada aspek kognitif, psikomotorik,

dan afektif.

Workshop penyusunan format

penilaian pada aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif.

Untuk memperoleh keseragaman

penilaian oleh guru mapel pada aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif.

Diperolehnya format penilaian

yang seragam dari Guru Mata

Pelajaran.

Wakil Kepala

Sekolah Bid. Kurikulum, Semua Guru.

Kepala

Sekolah

Juli 2022

 

 

Mengetahui,

Unaaha, 4 Agustus  2022

Kepala Sekolah,                         Wakasek Kurikulum,                                                                                                                                                                             

ARIPIN  GANAI, S. Pd             S A F R I.  S.Pd

NIP.197002022009031001                               NIP. 197608072005021001

 

 

 

 

 

 

 

 

Proker_Kurikulum_TP. 2022/2023